Ketika Kartu Simpati Hangus


Saya memakai 2 kartu dalam 1 hape. Kartu pertama adalah Simpati dan yang kedua adalah Tri. 

Berhubung paket data dari Simpati itu sangat mahal dibandingkan dari Tri, untuk tarif telepon pun lumayan mahal. Akhirnya Simpati hanya dipakai nomornya saja untuk nomor Whatsapp dan m-banking,  sedangkan Tri khusus untuk internet. 

Saya perhatikan, tidak semua kartu Sinpati mendapatkan promo paket data internet, hanya nomor-nomor tertentu saja. Seperti misalnya ketika suami saya mendapatkan sms harga promo Rp 6 ribu untuk paket 20 GB selama 7 hari, saya tidak dapat sms tersebut. Meskipun menghubungi *363#, paket itu tidak tersedia untuk nomor saya. 

Setiap bulan Tri pasti diisi untuk renew paket data, kalau Simpati paling cuma diisi 5 ribu untuk memperpanjang masa aktif 3 hari plus masa tenggang 30 hari. Sampai akhirnya saya kelupaan masa tenggangnya lewat. Simpati saya tidak bisa diisi atau isi pulsa, tapi masih bisa terima telepon dan sms. 

Baca juga: Bibir Lembap dan Cantik Natural dengan Lippie Serum




Karena penasaran, saya pun ke Grapari. 

Dapat nomor 12, orang yang terakhir dipanggil nomor 6, dengan 2 orang CS. Sambil menunggu saya mendengarkan percakapan CS dengan seorang ibu di depannya. 

Kasusnya sama persis. Ibu tersebut ditawarkan kartu Halo (pasca bayar) dengan nomor yang sama, dan dia mengambil paket langganan Rp 50 ribu sebulan. 

Setelah ibu itu selesai, ada seorang pria, pun denga kasus yang sama, dan diberi solusi yang sama. 

Menunggu hampir 1 jam, saya pun dipanggil. Dijelaskan bahwa kartu saya: 

  1. Sudah hangus 
  2. Sudah lewat masa tenggang, sudah diblokir untuk cek pulsa dan isi pulsa 
  3. Masih bisa terima telepon dan sms karena masih dalam masa aging, lamanya sekitar 2-3 hari (saya tidak yakin juga sudah berapa lama kartu Simpati saya lewat masa tenggang)
  4. Setelah lewat masa aging, Telkomsel akan mengambil kembali nomornya dan berhak menerbitkannya lagi kepada siapa saja 
Solusi: kalau masih mau menggunakan nomor yang sama, harus pindah layanan ke kartu Halo

Adapun layanan termurah yang ditawarkan adalah: 
  1. Rp 55 ribu per bulan, untuk telepon dan sms saja, saya tidak memperhatikan berapa kuotanya
  2. Rp 80 ribu per bulan, mendapatkan 10 GB internet, telepon dan sms, serta unlimited di beberapa aplikasi seperti Viu, Shopee dan Lazada 
Catatan: 
  • Bila pemakaian lebih dari kuota yang ditentukan, tagihan yang muncul akan lebih dari harga paketnya
  • Setelah memakai layanan pasca bayar, nomor tersebut tidak bisa migrasi lagi ke layanan prabayar

Paket lain yang lebih mahal tidak saya tanyakan karena tidak tertarik, dengan 2 paket termurah ini saja dahi saya sudah mengkerut. 

Akhirnya saya putuskan untuk tidak pindah ke kartu Halo karena harga paket internet yang saya dapatkan dari kartu Tri tetap jauh lebih murah dengan kuota jauh lebih banyak. 

Setelah itu saya mengubah nomor hape untuk m-banking dengan nomor Tri. 

Dari pengalaman saya di atas, ada beberapa saran yang ingin saya sampaikan pada pecinta nomor Simpati: 
  • Supaya tidak lupa, selalu isi pulsa Simpati minimal 5 ribu dalam 3 minggu agar kartu tidak hangus 
  • Jangan abaikan sms dari Telkomsel, siapa tahu ada promo menarik 
  • Jika sudah terlanjur hangus, ganti pakai kartu baru saja 
Saya memang tidak menganjurkan pindah ke kartu Halo, tapi kalau kalian punya pengalaman berbeda, silakan share di kolom komentar ya. 

Next Post Previous Post
24 Comments
  • Fadmala A
    Fadmala A February 18, 2021 at 6:26 AM

    Belum pernah pakai kartu simpati dan Halo nih.. Tapi memang kecepatan buat internetnya sesuai dgn harganya sih..

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com February 18, 2021 at 3:59 PM

      Sayangnya di rumah saya malah 👎

  • Marita Ningtyas
    Marita Ningtyas February 18, 2021 at 6:34 AM

    Saya pernah sekali pakai Simpati, tapi karena nggak mahal bayarnya, nggak dilanjutkan hehe. Sampai sekarang masih setia pakai Indosat sih. Nggak pernah juga pakai Halo, karena di rumah sudah pakai Wifi. Jadi paket data Indosat pun biasanya diisi kalau ada keperluan keluar rumah saja. Kalau buat saya, jauh lebih hemat seperti itu daripada harus isi kuota.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com February 18, 2021 at 3:59 PM

      Wah enak tuh

  • Pida Alandrian
    Pida Alandrian February 18, 2021 at 7:36 AM

    Kalau di daerahku sih, Si T ini kartunya para horang-horang kaya :D
    Terutama pada saat membeli paket internetnya> Beda banget sama jenis kartu lainnya yang murmer, Heheheh

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com February 18, 2021 at 4:00 PM

      😁

  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh February 18, 2021 at 8:02 AM

    wah baru nih aku pakai simpati, cari yang sinyalnya memang stabil dimana-mana hehe. thank you infonya kak :)

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com February 18, 2021 at 4:00 PM

      Baik

  • Wiwid Nurwidayati
    Wiwid Nurwidayati February 18, 2021 at 8:50 AM

    Wah, jadi pengin nih pindah ke layanan halo. Secara sekarang saya sering pakai telkomsel untuk telpon, juga sering mobile keluar, jadi kadang-kadang perlu paket data juga

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com February 18, 2021 at 4:00 PM

      Siip Kakak

  • iffiarahman.com
    iffiarahman.com February 18, 2021 at 9:01 AM

    Kalau saya, supaya kartu tidak hangus minimal dipakai untuk sms atau telfon wlpn cm 1000 karena itu bs memperpanjang masa aktif

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com February 18, 2021 at 4:01 PM

      Wah baru tahu saya. Trims infonya Kakak

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah February 18, 2021 at 5:42 PM

    Alhamdulillah ya Mbak ada solusi akhirnya, buat teman-teman yang memiliki masalah serupa. Lega jadinya

    • Pipit ZL
      Pipit ZL February 18, 2021 at 7:04 PM

      Hehe

  • Putri Kurniawati
    Putri Kurniawati February 18, 2021 at 5:44 PM

    Aku biasanya pakai yg 80rb per bulan dulu, tapi sekarang untuk internet aku pakai kartu lain. Sementara kartu simpati hanya untuk telepon

    • Pipit ZL
      Pipit ZL February 18, 2021 at 7:04 PM

      Wah

  • Adevi
    Adevi February 18, 2021 at 5:58 PM

    Baru 5 tahun pake simpati nih. Mudah mudah an jangan sampe hangus. Soalnya sering lupa isi pulsa tiba tiba udah masa tenggang aja

    • Pipit ZL
      Pipit ZL February 18, 2021 at 7:05 PM

      Semoga

  • Ainun
    Ainun February 21, 2021 at 4:26 AM

    kalau ngomongin kartu hangus aku sedih hehehe, dulu punya nomer cantik sampe disayang-sayang banget itu nomor, ehhh lupa ga keisi pulsa dan kantor CS nya ga mampu untuk mengatasinya
    ehhh tiba tiba nomerku dipakai orang lain, kan kesel.

    ada lagi pengalaman sama nomer XL, udah sering banget aku mengalami hangus, sampe belain ke surabaya buat mengaktifkan dan ternyata masih bisa. sampai akhirnya aku putuskan untuk beli masa aktif setahun

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com March 9, 2021 at 3:32 AM

      Wow pengalaman sedih ya. Untung yg XL bisa diselamatkan, triknya boleh juga tuh

  • Milenialz.com
    Milenialz.com September 14, 2021 at 8:22 AM

    Zaman sekarang orang-orang memang suka pada lupa buat isi pulsa ya kak, haha..

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 14, 2021 at 5:20 PM

      Iya nih

  • Andi Wijaya
    Andi Wijaya April 16, 2022 at 3:25 AM

    Wah saya juga ngalamin nih, gara2 kemana-mana nyambung wifi, jadi kartu udah gk terhiraukan. Kalau gk salah sebetulnya pulsanya masih ada karena biasanya buat kebutuhan telpon seluler, tapi akhirnya hangus juga gara2 kelupaan, pas h+1 lagi nyadarnya, nyesel banget sebetulnya, karena udah terlanjur terdaftar dimana-mana, akhirnya terpaksa saya pakai kartu HALO, sebetulnya saya malas pakai HALO karena muahal buat saya, tapi itulah resikonya

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com April 25, 2022 at 2:02 AM

      Waduh

Add Comment
comment url